Ingin Membangun Rumah Dalam Waktu Cepat? Pilih Material Berikut!

 

Waktu yang diperlukan untuk membangun rumah berbanding lurus dengan biaya yang dikeluarkan.

Semakin lama waktu yang dibutuhkan, semakin besar biaya yang dikeluarkan. Sebab, setiap hari harus ada biaya tukang yang dikeluarkan. Bagaimana agar proses membangun rumah dapat dilakukan dengan lebih cepat? Salah satunya adalah menggunakan material alternatif yang pemasangannya praktis. Berikut ini sistem material pada lantai, dinding, dan atap yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat pembangunan rumah Anda.

1. Lantai Panel Beton Ringan 

Beton yang dicetak konvensional, metal deck, hingga keramik beton berongga sebagai pelat masih menggunakan adonan beton sebagai bahan utama. Imbasnya, waktu pengerjaan juga menjadi lebih lama karena menunggu waktu matang beton.

Sebagai alternatif untuk membangun rumah dengan cepat, panel beton ringan aerasi bisa jadi opsi.  Panel tinggal dipasang diatas struktur balok penumpu, lantas penutup lantai bisa langsung dipasang di atasnya.

Tapi, karena berbentuk panel besar, membutuhkan banyak orang atau alat pengangkut khusus dalam pemasangannya.

2. Sistem Dinding Bata Ringan ( AAC Block )

Mempercepat pemasangan dinding bisa dilakukan dengan menggunakan material berukuran lebih besar. Anda bisa mengunakan bata ringan dengan teknologi aerasi ( AAC) / hebel / yang mampu membangun 21 m² dinding dalam waktu 2 jam.

3. Rangka Atap Baja Ringan dan Atap Lembaran

Pemasangan sistem rangka atap baja ringan untuk atap seluas 60 m² hanya membutuhkan waktu kurang dari  3 hari kerja. Namun pengerjaan atap akan lebih praktis jika menggunakan atap dalam bentuk lembaran. Sehingga pemasanagan rangka atap dapat diminimalkan.  Atap bentuk lembaran seperti atap aspal, atap  metal hingga PVC juga dapat cepat menutup bidang atap.

 

Teks : Mikael Fredi
Sumber : iDEAonline