PILIHAN BAHAN MATERIAL DINDING DAN PEMELIHARAAN DINDING RUMAH TETAP AWET

Rumah merupakan asset berharga, tentunya perawatan rumah perlu mendapat perhatian, khususnya dinding rumah itu sendiri. Cuaca yang tak menentu berdampak pada dinding rumah seperti timbulnya jamur, cat yang memudar hingga pengelupasan.

Kerusakan pada dinding bisa diminimalisir jika rutin melakukan perawatan sederhana. Beberapa tips agar dinding rumah awet hingga jangka waktu tahunan.

A. Cat Ulang Dinding Untuk Mengembalikan Warna Dinding Rumah

Untuk merawat dinding bisa dengan mengcat ulang dinding dengan warna baru agar lebih bersih dan ruangan terasa lebih baik dari segi penampilan. Untuk membuat ruangan yang minim ventilasi serta kurang terkena sinar matahari maka gunakan warna-warna terang seperti warna pastel. Untuk memberi kesan ruangan sempit terlihat lebih luas terapkan warna merah menyala, putih, beige ataupun abu-abu.

B. Sebelum Dicat Bersihkan Dahulu

Sebelum dicat dindingnya maka bersihkan dinding dahulu dari noda maupun debu yang menempel. Jika dinding muncul lumut, bisa membersihkannya menggunakan air kaporit dan cat ketika dinding sudah kering. Jangan lupa pakai cat khusus eksterior untuk mencegah timbulnya jamur maupun flek akibat rembesan air. Cat khusus eksterior ini memiliki keunggulan weather proof atau weather resistence.

C. Atur Kelembapan Udara Di Ruangan Untuk Mencegah Jamur

Untuk mencegah jamur muncul dengan mengatur kelembapan udara di ruangan tersebut. Anda bisa menggunakan dehumidifier  untuk mengurangi kelembapan ruangan yang terlalu lembab. Perbaiki pula talang saluran air agar tidak merembes ke tembok jika bocor. Atur sirkulasi udara pada ruangan yang mudah sekali lembab seperti dapur dan kamar mandi.

D. Jika Terlanjur Dinding terkena jamu maka dapat dilakukan dengan 2 macam cara.

1. Cara Pertama:

  • Buatlah larutan karbol dan air dengan perbandingan 1:3.
  • Semprotkan pada dinding yang berjamur.
  • Gosok dengan sikat berbulu lalu bilas secara teratur.

2. Cara Kedua:

  • Yang pertama harus kamu lakukan adalah bersihkan permukaan dinding yang lembab dan berjamur. Setelah itu semprot dinding yang berjamur tadi dengan fungisida agar jamur mati dan tak tumbuh lagi.
  • Biarkan selama 1 hari.
  • Setelah itu bersihkan dinding dengan sikat sehingga jamur hilang sampai akar-akarnya.
  • Lapisi dinding dengan cat dasar kedap air.
  • Tunggu sampai dinding kering lalu cat ulang dinding yang berjamur tadi.

 

Sebenarnya untuk masalah dinding berjamur dapat diatasi sejak awal pemilihan bahan material dinding. Gunakanlah bahan material dinding yang tepat yaitu dengan bata ringan ( AAC Block ). Salah satunya adalah bata ringan SAVIRCON. Mengapa menggunakan bata ringan SAVIRCON?

Karena salah satu karakteristik bata ringan SAVIRCON yaitu kedap air
, penetrasi air rendah, sehingga dinding tidak mudah lembab dan cepat kering.
 Anti jamur dan kutu
. Bata ringan SAVIRCON tidak menyerap kelembaban hingga ke dalam, dan materi yang digunakan tidak dapat dijadikan tempat tinggal kutu,serangga atau hewan jenis lainnya.

Semoga bermanfaat!